Kamis, 05 Juni 2008

Kembang Sepatu


Kembang Sepatu berasal dari Asia Timur. Bunga ini juga dapat dijadikan sebagai tanaman hias karena warna-warnanya yang cantik. Bunga ini merupakan jenis tanaman semak dan tumbuh di daerah yang suhunya hangat. Bunga tumbuh pada tanaman yang dapat mencapai ketinggian 2 sampai 5 meter. Daunnya mempunyai bentuk yang agak lebar dan bulat dengan ujung daun yang meruncing.

Kembang Sepatu mempunyai bentuk yang agak besar dan hampir mirip dengan Bunga Terompet. Bunga ini memiliki 5 atau lebih mahkota bunga. Tangkai putik memanjang ke atas seakan menjulur ke luar bunga. Ukuran bunga ini berdiameter kira-kira 4 sampai 15 cm. Biasanya kembang Sepatu memiliki warna-warna yang menyala atau menyolok mata seperti merah tua dan oranye. Namun, dari hasil penyilangan atau pencangkokan, warna-warna pada kembang Sepatu dapat bervariasi seperti putih, kuning, dan merah muda.

Kembang Sepatu mempunyai banyak manfaat. Ekstrak kembang Sepatu berguna pada kesehatan. Ekstrak bunga ini dapat menyembuhkan penyakit tekanan darah tinggi, sembelit, infeksi saluran kemih, dan mual-mual. Bunga ini juga digunakan untuk bahan obat kemoterapi. Selain untuk kesehatan dan pengobatan, bunga dan daun dapat digunakan sebagai bahan makanan, sayuran, dan teh herbal.

Di Malaysia dan Korea Selatan, Kembang Sepatu dijadikan sebagai bunga nasional. Di Malaysia, bunga nasional ini lebih dikenal dengan sebutan “Bunga Raya”.


Visit our category :

- Flowers
- Gifts
- Hampers
- International Florists
- Roses
- Wine & Spirits

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action