Kamis, 19 Juni 2008

Dimana Menggelar Pesta Pernikahan ?

Dimana Menggelar Pesta Pernikahan ?
Merencanakan pesta pesta pernikahan adalah salah satu hal yang membahagiakan bagi pasangan calon pengantin. Namun tak dapat dipungkiri, hal tersebut juga dapat menimbulkan kerumitan tersendiri. Anda berusaha merinci semua kebutuhan serta siapa saja yang terlibat, kesemuanya tertulis dalam suatu “proposal”. Anda mulai banyak bertanya sana-sini, rajin mendatangi pameran pernikahan, sering menggali info dari buku, majalah, ataupun internet, demi mendapat detail yang diinginkan.

Menggelar acara pernikahan di Rumah, Gedung, atau Hotel ? Indoor atau Oudoor ?

Ketahuilah lebih dulu anggaran pesta pernikahan yang anda miliki, dan berapa jumlah tamu yang diundang. Khusus untuk para tamu, seleksilah mereka. Pastikan tamu yang diundang adalah mereka yang memiliki hubungan erat dengan anda, pasangan, maupun keluarga anda berdua(sesuai adat pernikahan). Setelah mengetahui jumlah tamu yang akan diundang, anda sudah bisa mendapat gambaran, dimana kira-kira tempat menggelar pesta pernikahan yang dipilih, sesuai dengan detail yang anda mau. Ada kalanya, dengan alasan-alasan tetentu, anda dan pasangan ingin mengadakan pesta di rumah saja (rumah salah satu pihak pengantin). Meskipun tidak dilarang, anda perlu mempertimbangkan hal-hal di bawah ini :
Pastikan jumlah tamu yang hadir sesuai dengan kapasitas ruangan yang dipakai.
  • Perhitungkan “arus lalu lintas “ tamu yang akan datang pada pesta anda. Perhitungan ini bisa dimulai dari tempat parkir kendaraan yang memadai, masuknya para undangan di pintu utama (pastikan tidak berjubel), dilanjutkan menuju ruang pelaminan untuk bertemu sang pengantin, tempat para undangan menikmati jamuan makan hingga akhirnya tibalah saat mereka pulang. Jangan sampai terjadi “bentrokan arus” antara tamu yang datang dengan tamu yang akan pulang.
  • Selain para tamu, pastikan juga kenyamanan pihak-pihak lain yang mendukung pesta anda seperti misalnya tenaga fotografer, video shooting, dan catering. Mereka semua perlu ruang gerak yang cukup agar dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya. Fotografer dan pihak video shooting perlu mengambil “angle” yang pas agar tidak ada moment-moment indah yang terlewatkan. Begitu juga dengan tenaga catering yang harus sigap mengganti menu yang habis, agar para tamu yang hadir secara beruntun dapat enjoy menikmati menu. Siapkan tempat pernikahan dimana para tenaga catering ini menyiapkan aneka hidangan yang jumlahnya beragam dalam porsi besar pula, serta sediakan tempat dimana mereka bisa mencuci piring dengan leluasa.untuk itu gunakanlah event organizer yang terbaik dan berpengalaman
  • Pastikan sudah mendapat izin keramaian dari pihak-pihak terkait (RT/RW). Jangan lupa pula minta izin kepada para tetangga terdekat, karena mungkin dengan adanya pesta anda, akan mengganggu mobilitas mereka untuk sementara waktu.
  • Siapkan pengadaan tenaga security yang dapat dipercaya.
  • Perhatikan sirkulasi udara dalam rumah. Bukannya tak mungkin karena banyaknya orang yang datang, akan membuat sirkulasi udara sangat panas hingga terasa pengap. Anda mungkin perlu penambahan AC ataupun kipas angin besar.
  • Perhitungkan penambahan unsur “lighting” agar suasana rumah tampak beda dibandingkan hari-hari biasa. Kemungkinan juga akan menambah daya listrik.

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action