Kamis, 12 Juni 2008

Cara Cerdik Mengemas Bawaan Saat Mudik

Mudik lebaran hampir dipastikan akan menjadi agenda tahunan bagi Anda yang jauh di perantauan. Harapan merayakan lebaran di kampung halaman bersama keluarga menjadi suasana tuntutan tersendiri, dan sepertinya harus dipenuhi. Gema takbir di sudut-sudut surau dan budaya saling mengunjungi antar kerabat sepertinya hanya dapat djumpai di kampung halaman kita. Mudik memang menjadi perjalanan hidup tersendiri bagi para perantau. Kenyataan ini memang berbeda jauh dengan perayaan lebaran di perkotaan yang sebagian penduduknya para perantau. Salah satunya, kota Jakarta sejenak menjadi lengang selama liburan lebaran, perantau berbondong-bondong mudik ke kampung halaman.

Jauh hari persiapan mudik perlu dipersiapkan, agar beberapa kebutuhan di kampung nantinya tidak ada yang tertinggal. Para pemudik sibuk mencari tau info mudik. Selain beberapa ketentuan wajib yang harus anda penuhi, seperti mengecek rem dan oli, mesin pendingin, peralatan mobil, ban serep dan helm standart bagi yang Anda pengguna kendaraan bermotor roda 2, secara khusus juga perlu diperhitungkan barang bawaan anda.

Barang bawaan Anda jangan justru menjadi penghalang kelancaran mudik apalagi berdampak fatal bagi Anda. Hiruk-pikuk penumpang dan lalu-lalang kendaraan di jalan, akan membawa anda dalam suasana ekstra hati-hati. Khusus Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, menuntut suasana fresh dan segar untuk dapat berkonsentrasi penuh dalam berkendara. Kondisi fisik dan masalah kesehatan menjadi hal wajib yang diperhatikan. Bagi anda yang ingin lebih simpel bisa menggunakan travel bag.

Berikut beberapa tips mengepak barang, yang dapat anda terapkan agar memperlancar mudik Anda:

PERTAMA: Ukur barang bawaan anda dengan berapa lama anda tinggal di kampung nantinya. Berikut kapasitas kendaraan anda, bagi anda yang mengunakan kendaraan umum ukurlah kemampuan Anda untuk mengangkat dan mengawasi barang bawaan. Anda tidak perlu membawa barang-barang secara berlebihan yang justru nanti tidak dimanfaatkan dan justru menambah beban perjalanan. Utamakan barang yang dinilai urgen dan sulit dicarikan penggantinya.

KEDUA: Usahakan memilih pakaian yang mudah dan cocok dipadukan dengan pakaian yang lain, juga termasuk membawa peralatan multi-fungsi, yang nantinya dapat anda pakai dan fungsikan di segala suasana.

KETIGA: Barang-barang yang bisa dibeli di kampung usahakan jangan memaksakan diri untuk membawa dari kota. Toh harga-harga di Kampung halaman Anda, tak jauh berbeda dengan harga di kota.

KEEMPAT: Jika Anda membawa barang berharga, posisikan secara jelas dimana barang tersebut ditempatkan. Usahakan tempatkan pada Tas yang tak jauh dari anda dan mudah pengawasan atau bila perlu sesekali dalam perjalanan yakinkan kalau barang itu masih ada.

Sekali lagi periksa masih adakah barang yang tidak perlu anda bawa sebelum Anda memulai memasukan ke dalam tas Anda?. Agar tas yang Anda bawa dapat memuat banyak barang perhatikan cara penataannya:

1. Pilihlah tas yang tidak memakan tempat dan mudah dibawa, untuk anda yang memanfaatkan kendaraan umum dan harus berganti-ganti kendaraan, pilihlah tas yang mengunakan roda yang akan mempermudah anda mengangkat dari satu kendaraan ke kendaraan yang lain.

2. Mulailah memasukan pakaian yang besar dan berat, terutama celana dan baju, serapi mungkin. Untuk kaos berbahan katun anda dapat melipat sekecil mungkin dengan cara dilipat kemudian digulung lagi. Apabila tempat tidak mencukupi Anda bisa menyelipkan pada bagian pinggir-pingir tas.

3. Juga masukan barang-barang kecil yang berbahan kain pada sela-sela pakaian besar yang sudah tertata. Pastikan benar-benar tidak ada ruang kosong, dengan mengoyang-ngoyang tas Anda.

4. Jika ada saku pada tas Anda, manfaatkan untuk alat-alat kecil yang Anda anggap penting untuk dibawa, seperti; sisir, pemotong kuku dan pencukur kumis atau benda kecil lainnya.

5. Pastikan setiap sudut benar-benar penuh, agar pakaian tidak mudah lusuh. Beri pengaman, agar tidak ada kekwatiran jika terjadi guncangan. Pastikan resleting terkunci rapat bila perlu beri kunci pengaman.

6. Jika sudah sampai tujuan, segera buka tas Anda dan jangan meminta orang lain membongkarnya, karena anda sendiri yang tahu posisi barang anda. Lakukan urutan pengambilan dari barang dari yang paling atas.


Source : kapanlagi.com


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Blog anda bagus dan cukup menarik. Semoga semakin banyak lagi info nya.

www.baniaeduloka.co.nr

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action