Rabu, 04 Juni 2008

Bunga Mawar Saat Valentine


SEPERTI biasanya pada saat momen tertentu, bisnis bunga potong dan rangkai pasti melonjak. Begitu pula ketika Valentine tiba. Pada saat hari kasih sayang itu, bunga mawar yang identik dengan Valentine merupakan bunga yang banyak diincar untuk membuktikan perasaan cinta dan kasih kepada orang terdekat.

Karena itu, permintaan pasar akan bunga mawar semakin melonjak. Demikian yang diutarakan oleh Tuti, pemilik kios bunga Sahabat, di Pasar Bunga Rawa Belong, Pal Merah, Jakarta Barat. "Dari tanggal 12 Februari hingga puncaknya pada hari Kamis nanti, banyak sekali konsumen yang membeli bunga mawar ke toko kami," kata Tuti ketika dihubungi okezone melalui telepon genggamnya, Rabu (13/2/2008).

Tuti mangaku, permintaan bunga mawar potong pada saat Valentine tiba melonjak drastis. Berbeda jauh dengan Valentine tahun lalu, permintaan bunga mawar hanya berkisar 5.500 tangkai. Namun saat Valentine tahun ini, permintaan bunga mawar yang banyak diambil dari Bandung dan Malang itu mencapai 9.000 tangkai.

"Meningkatnya permintaan pasar pada Valentine kali ini karena kami banyak mendapat pelanggan baru. Selain itu, dilihat dari kualitas bunga yang kami jual membuat pelanggan enggan untuk berpaling ke toko lain," papar wanita yang meneruskan bisnis keluarganya itu sejak tahun 1996.

Tingginya permintaan saat Valentine membuat harga bunga mawar potong pun naik sampai 600 persen. Menurutnya, untuk harga bunga mawar ketika Valentine baik yang jenis Malang dan semi Holland per ikat bisa mencapai Rp150 ribu sampai Rp180 ribu. Padahal pada hari biasa bunga mawar potong semi Holland hanya berkisar antara Rp80 ribu sampai Rp90 ribu.

Lain halnya dengan bunga potong per tangkai. Tuti menjelaskan, untuk bunga mawar Malang pada hari biasa berkisar antara Rp5.000-10.000, sedangkan untuk harga untuk momen khusus, seperti Valentine dapat mencapai Rp7.500 hingga Rp10.000.

Permintaan pasar akan bunga mawar tangkai ketika Valentine berbeda pula dengan hari biasa. Pada umumnya, tampilan bunga mawar tangkai saat hari kasih sayang itu berpenampilan cantik dengan dibungkus plastik dan pita. "Selain pengecer, biasanya banyak pembeli, mulai dari anak-anak kuliah hingga sekolah. Untuk permintaan bunga mawar saat ini banyak dalam bentuk buket serta dibungkus plastik dan pita. Khusus untuk bunga mawar yang dibungkus dengan plastik dan pita, banyak dibeli oleh anak-anak sekolah," kata Tuti.

Tuti menambahkan, khusus untuk Valentine kali ini, tidak ada primadona jenis bunga yang banyak dicari oleh pembeli. "Semua jenis bunga mawar, mulai dari yang berwarna merah, pink, salem, putih, marun, hingga lady banyak dibeli," pungkasnya.

Visit our category :

- Flowers
- Gifts
- Hampers
- International Florists
- Roses
- Wine & Spirits

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action