Rabu, 11 Juni 2008

Berbagai Jenis Tanaman Anggrek



Anggrek hutan merupakan salah satu jenis tumbuhan yang dapat kita jumpai di Papua, bahkan di antaranya termasuk pada spesies yang langka.

Di Papua sendiri terdapat lebih kurang 2.000 jenis anggrek, mulai yang hidup di daerah tepi pantai hingga lereng gunung yang tinggi. Jenis dan warna dari anggrek beragam, sehingga ukuran, bentuk dan warnanya berbeda-beda sesuai dengan habitat tempat ia tumbuh.

Di dataran tinggi Papua, anggrek denrobium kerdil merupakan salah satu jenis yang paling cantik. Anggrek yang kecil -- biasanya diserbuki oleh burung -- ini memiliki warna cerah. Bunganya cukup besar dengan corak biru, merah, kuning dan ungu. Jenis lainnya yang tumbuh di sini adalah yang berbunga merah bercampur oranye, dendrobium cuthbertsonii Bunganya merah tua.

Papua diakui sebagai tempat atau kawasan yang begitu banyak menyimpan spesies langka (flora). Tumbuhan karnivora (tumbuhan yang hidup dengan memangsa hewan kecil) terdapat di ketinggian atas laut sampai ke daerah pegunungan yang bersalju.

Tumbuhan ini dibagi atas empat marga, namun yang dapat dijumpai di Papua adalah dari marga Nepenthes. Tanaman ini merupakan liana kayu atau perdu yang berbentuk seperti kantung. Hewan seperti serangga, burung, dan pengerat kecil umumnya tertarik dengan warnanya yang cerah.

Tanaman ini punya sejenis madu yang berfungsi sebagai penjerat mangsanya. Permukaan pohon (madu) ini amat licin, sehingga mangsa kerap jatuh ke dalamnya. Hewan yang terjatuh akan dilumat dengan enzim/cairan pencerna untuk menjadi zat makan yang diserap dinding tubuh dan disalurkan ke seluruh tubuh.


Visit our category :

- Flowers
- Gifts
- Hampers
- International Florists
- Roses
- Wine & Spirits

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action