Kamis, 12 Juni 2008

“Benchmarking” terhadap Efisiensi dan Tingkat Keuntungan Cetak

Ada baiknya kita mengintip bagaimana industri kertas meningkatkan efisiensi dan profit usaha percetakan murah. Industri kertas untuk bisa bertahan dan profit dalam jangka panjang, yang berujung pada kemampuan menekan biaya produksi adalah mutlak. Falsafahnya bila anda mempunyai biaya produksi $500/ton maka tidak akan mungkin berkompetisi sehat dan menguntungkan dengan pabrik lain yang biaya produksinya hanya $350/ton. Hal ini dilakukan terlebih dahulu dengan melakukan benchmarking,penawaran kerjasama atau pengukuran prestasi suatu mesin dan pabrik yang dibandingkan dengan mesin dan pabrik lainnya dan bahkan terhadap standar industri usaha percetakan.

Dengan kompetisi global maka perlu diukur seberapa efisien suatu pabrik terhadap standar internasional. Bila kemudian dilihat mesin yang ada tidak mungkin melakukan kompetisi - dengan asumsi biaya lainnya seperti pengiriman, bahan baku, keuangan telah dikeluarkan nilainya - maka perlu dilakukan pembelian mesin baru yang lebih besar, lebih cepat dan efisien dengan produktifitas tinggi.

Sebagai perbandingan 20 tahun lalu lebar mesin yang dulunya mungkin hanya 2 meter sekarang ini mendekati 10 meter, kecepatan yang dulunya sekitar 400 meter per menit menjadi paling tidak 2000 meter per menit (benar ! dalam 1 menit keluar 2000 meter kertas dengan lebar 10 meter) Mesin lama dan tua sudah pasti mempunyai biaya/ton jauh lebih tinggi dibanding dengan mesin baru dan modern.

Rekomendasi Efisiensi

Dari berbagai ragam rekomendasi dalam mencapai efisiensi dan tingkat keuntungan yang tinggi di usaha penerbitan, anda mungkin juga sering mendengar beberapa diantaranya yang kurang lebih hampir sama di industri kertas.

1. Beli mesin baru dan lebih cepat agar order cetakan meningkat
2. Beri gaji karyawan lebih tinggi
3. Kurangi gaji karwayan yang prestasi kerjanya buruk
4. Pelatihan karyawan supaya cepat menguasai percetakan buku dan kardus box
5. Benchmark prestasi kerja

Mari kita evaluasi satu persatu atau bersama-sama rekomendasi diatas, mana yang menuai sukses dan mana yang sia-sia untuk menjalankan bisnis percetakan. Untuk rekomendasi pertama sengaja disebut baru dan cepat bukan besar dan cepat. Tergantung apa segmen usaha cetak anda, bila usaha cetak cepat dengan turnaround yang tinggi dan jumlah cetak kecil maka anda perlu mencari mesin yang sesuai. Membeli mesin yang besar dan cepat mungkin akan salah kaprah, dimana mesin ini lebih cocok untuk usaha jasa percetakan yang komoditi seperti majalah atau buku-buku

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action