Selasa, 03 Juni 2008

Amaryllis (Bunga Bakung)


Biasanya mulai pertengahan bulan September bulb Amaryllis mulai dijual di toko dan nursery. Ada yang dijual hanya bulb saja dan ada yang dijual dalam dus sebagai gift set yang berisi bulb, pot dan tanah. Bulbnya mininal sebesar bawang bombay yang sedang. harganya sekitar $5. Semakin besar bulb semakin mahal. Yang besar sekali hampir seukuran kelapa kecil harganya bisa mencapai $18. Wow...Mengapa demikian? Semakin besar bulb, semakin banyak dan besar bunganya.

Di Amerika, biasanya Amaryllis ditanam didalam pot sebagai houseplant. Tanam Amaryllis di pot yang besarnya 1,5 inch lebih besar dari bulb dengan 2/3 bulb di dalam tanah, 1/3 nongol diatas permukaan. Dalam waktu 6-8 minggu setelah ditanam Amaryllis akan berbunga. Pada umumnya orang menanam 8 minggu sebelum hari Natal atau tahun baru. Dengan demikian walaupun di luar rumah kebun sudah kosong tanpa bunga, tetapi di dalam rumah ada Amaryllis menyemarakan ruang tamu. Amaryllis dapat juga ditanam di air. Yang kena air hanya akarnya dan bagian dasar bulb hanya menyentyh air. Tentunya pot harus diisi batu kecil2 dahulu.

Setelah bunga mekar selama 5 minggu, bunga akan mulai layu. Setelah layu, potong tangkai bunga tersebut (sampai ke bulb) dan boleh di buang. Daun tidak boleh dipotong, diberi pupuk bonemeal dan diberi air secukupnya. Perawatan ini berlangsung selama paling sedikit 6 bulan. Selama perawatan, bulb yang sudah mengecil karena untuk tumbuh dan berbunga akan menjadi gemuk kembali. Akhirnya di summer, daun akan mulai menguning. Pada saat ini stop pemberian air dan biarkan saja. Setelah daun kering semua, potong semua daun dan bongkar pot itu. Pisahkan bulb dari tanah dan bersihkan. Kemudian simpan bulb di tempat gelap selama 2 bulan. Setelah bertapa ( dormant) selama 2 bulan, bulb Amaryllis siap dengan cycle yang baru.

Lima belas tahun yang lalu kami pernah menanam Amaryllis di Indonesia. Saat itu kita beli di Bandung. Berhubung saat itu di Indonesia tidak ada buku atau material lain yang membahas Amaryliis maka setelah berbunga dan tidak berbunga lagi untuk beberapa lama, langsung saja di buang. Dua tahun lalu ketika ke Bandung masih dijumpai bunga Amaryllis ditanam di tanah. Hal ini terjadi karena kondisi suhu udara yang cocok.

Dari beberapa artikel dikemukakan beberapa keluarga memelihara Amaryllis sampai 20 tahun.

Visit our category :

- Flowers
- Gifts
- Hampers
- International Florists
- Roses
- Wine & Spirits

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action