Senin, 30 Juni 2008

5 LANGKAH BANGUN BISNIS SENDIRI

MEMBANGUN USAHA BISNIS SENDIRI MUNGKIN JADI DAMBAAN BAGI BANYAK ORANG. NAMUN MEMULAI SEBUAH USAHA TIDAKLAH SEMUDAH MEMBALIKAN TANGAN. ADA HAL-HAL YANG HARUS DIPERSIAPKAN, DIRENCANAKAN DAN DILAKSANAKAN DENGAN KETEKUNAN. SIMAK BEBERAPA TIPS TENTANG BAGAIMANA MEMPERSIAPKAN MEMBUKA USAHA SENDIRI BERIKUT INI.

MELAKUKAN PENELITIAN PASARPENELITIAN MERUPAKAN HAL INTEGRAL DALAM MEMBANGUN BISNIS. LAKUKAN PENELITIAN DI PASAR DAN TENTUKAN SIAPA KONSUMEN ANDA. TENTUKAN MANA YANG AKAN JADI SASARAN UTAMA ANDA ATAU KONSUMEN ANDA JADI LEBIH KECIL. PAHAMI PERBEDAAN ANTARA PASAR DAN DIMANA ANDA DAPAT MERAIH PELANGGAN.
PILIH PATNER YANG TEPAT JIKA ANDA AKAN MENCARI REKAN KERJA, PASTIKAN ANDA SUDAH MEMILIH YANG TEPAT. ANDA INGIN SEORANG REKAN KERJA YANG MEMILIKI LATAR BELAKANG BISNIS ATAU PENGARAH BISNIS. BEBERAPA PENGALAMAN MANAJEMEN JUGA LEBIH DISUKAI. JIKA ANDA INGIN REKAN KERJA YANG MEMENUHI LATAR BELAKANG FINANCIAL, MEREKA PERLU MEMILIKI KREDIT YANG BAGUS ATAU KEMAMPUAN UNTUK MENAWARKAN DUKUNGAN FINANCIAL.
JAMINAN KEUANGANKEUANGAN DAPAT JADI TANTANGAN TERBESAR, TAPI ADA BEBERAPA JENIS PILIHAN YANG TERSEDIA UNTUK MENDAPATKAN MODAL USAHA. ADA DAPAT MEMILIH IKUT PROGRAM PEMERINTAH DALAM MEMBANGUN USAHA KECIL / USAHA MENENGAH. ANDA BISA MULAI MENGAJUKAN PINJAMAN BANK ( PINJAMAN TUNAI / DANA TUNAI )YANG MENANGANI USAHA KECIL DAN MENDAPATKAN PINJAMAN BERJUMLAH KECIL. ATAU ANDA BISA MENGAMBIL PINJAMAN PRIBADI DI BANK. PILIHAN LAIN ADALAH MENCARI REKANAN YANG MAU BERINVESTASI UNTUK MEMULAI USAHA BERSAMA.
CIPTAKAN IMAGE ATAU POSISI PENJUALAN YANG UNIKMULAI DENGAN MEMBANGUN KEBERADAAN ANDA, BRANDING IMAGE ANDA DI PUBLIC DAN PARA PELANGGAN IKATAN INI MASUK DALAM POSISI PENJUALAN. KEMBANGKAN TAGLINE ANDA DAN TEMUKAN ANGEL YANG TEPAT YANG MENGENA PADA PRODUK ATAU PELAYANAN TERTUJU PADA PELANGGAN. CIPTAKAN SEBUAH IMAGE YANG MEMBUAT ANDA TERPERCAYA DI MATA PELANGGAN ANDA.
BERHENTI BERPIKIR MENDAPAT LABA SECEPAT KILATSANGAT, SANGAT JARANG ADA BISNIS YANG SUKSES DALAM SEMALAM. KEBANYAKAN BISNIS MEMBUTUHKAN WAKTU DAN USAHA, BAHKAN UNTUK MULAI MELIHAT HASILNYA. SAAT ANDA MEMAHAMI INI DAN ANDA TAK SEHARUSNYA MENARUH PENGHARAPAN SECARA BERLEBIHAN ATAU YANG TAK REALISTIS. PERSIAPKAN USAHA, PENGORBANAN DAN BAHKAN KEMUNGKINAN MENGALAMI KERUGIAN. ANDA TAK AKAN JADI KAYA RAYA HANYA DALAM SEMALAM, TAPI ANDA DAPAT MEMBANGUN SEBUAH USAHA YANG MENGUNTUNGKAN SECARA BERTAHAP

Tips Merencanakan Perjalanan Dengan Matang

Dalam melakukan perjalanan, sarana transportasi apakah yang tepat untuk Anda sekeluarga apakah akan naik alat transportasi umum atau mengendarai mobil atau kendaraan pribadi lain bersama keluarga. Tentu saja pilihan tersebut ada untung dan ruginya. Lalu apa sajakah yang perlu Anda pertimbangkan ?

1. Sebelum merencanakan perjalanan bersama keluarga ada baiknya Anda merundingkan terlebih dahulu waktu yang tepat kapan akan melakukan perjalanan karena setiap anggota keluarga mungkin mempunyai jadwal liburan yang berbeda-beda baik untuk yang sudah bekerja atau yang masih sekolah.

2. Rundingkan dengan seluruh anggota keluarga sarana transportasi apakah yang akan digunakan, agar perjalanan terasa nyaman sampai tujuan. Sesuaikan dengan kepentingan dan budget yang ada. Misalkan pilihan memakai alat transportasi umum seperti pesawat, kereta api atau bus maupun kendaraan pribadi. Anda juga bisa menyewa kendaraan. Pertimbangkan juga jika memiliki anggota keluarga yang masih balita serta jauh tidak nya perjalanan yang akan ditempuh:

3. Jika seluruh keluarga sepakat menggunakan kendaraan umum :
  • Mulailah membagi tugas dengan anggota keluarga yang lain siapa yang akan mencari informasi pemesanan tiket. Sebaiknya satu bulan sampai dua minggu sebelumnya sudah mendapat informasi dan kepastian pemesanan tiket, sehingga pada hari H , Anda sekeluarga tidak kehabisan tiket.
  • Bawalah barang secukupnya jangan terlalu berlebihan supaya Anda bisa menikmati perjalanan.
  • Sebaiknya hindari memakai perhiasan yang berlebihan bagi wanita atau membawa uang tunai yang berlebihan.

4. Jika Anda memilih menggunakan kendaraan pribadi adalah sangat bijaksana untuk mempersiapkan kendaraan yang akan Anda gunakan.
  • Idealnya dua minggu sebelum melakukan perjalanan periksalah kondisi kendaraan Anda. Lakukan pengecekan di bengkel dan pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Bila ada hal-hal yang kurang beres masih bisa diperbaiki ulang sebelum perjalanan panjang.
  • Bawalah bekal makanan kecil, minuman, majalah, obat-obatan karena kita tidak pernah menduga apakah perjalanan yang akan dihadapi kali ini berjalan mulus atau justru dihadang oleh kemacetan panjang.
  • Walaupun Anda menggunakan mobil pribadi namun jangan pula terlalu berlebihan membawa barang agar mobil Anda tidak penuh sesak dengan barang-barang. Akibatnya perjalanan akan terasa tidak nyaman.

Merawat Ban Agar Awet

Berikut beberapa tips untuk merawat ban:

  • Saat motor diparkir gunakan standard tengah untuk mengurangi tekanan pada ban pada posisi yang sama di waktu yang lama.
  • Hindari kontaminasi dengan cairan-cairan kimia yang merusak, oli dan bensin segera bersihkan dengan air dan sabun jika terkena cairan tersebut.
  • Hindari kontak dengan sinar matahari dengan waktu yang lama karena akan membuat karakter karet ban berubah.
  • Demi keamanan, ganti ban yang sudah melewati batas TWI.

Cara memasang ban yang baik dan benar

Dalam memasang ban ada beberapa hal yang harus diperhatikan demi keselamatan pengendara dan keawetan ban di antaranya:

  • Gunakan peralatan yang tidak merusak ban atau velg.
  • Pastikan velg sejajar dengan rim line saat terpasang.
  • Pastikan arah putar sesuai dengan petunjuk.
  • Cek tekanan angin agar sesuai dengan standardnya.
  • Pastikan tidak ada benda asing seperti krikil tajam, beling atau paku di dalam ban.
  • Gunakan selalu rim tape untuk melindungi ban dalam dari tusukan spoke velg.
  • Pastikan bahwa posisi Valve ban dalam sesuai dengan tanda posisi Valve yang tertera pada ban.
  • Kencangkan mur ban dalam seperlunya.
  • Setelah mengganti ban belakang sejajarkan posisinya agar lurus terhadap ban depan untuk menghindari keolengan.
  • Setelah ban terpasang tarik beberapa kali tuas rem terutama rem hidrolik sampai terasa tekanan rem sudah kembali normal untuk menghindari terjadinya rem blong.

MEMILIH ASURANSI MOBIL

Kini semakin banyak produk asuransi mobil yang ditawarkan. Oleh sebab itu, prinsip teliti sebelum membeli, perlu diterapkan, agar tak menyesal di kemudian hari. Kita harus mengetahui manfaat asuransi yang ditawarkan tersebut. Sebelum memutuskan untuk memilih satu dari sekian produk asuransi mobil yang ditawarkan, kita harus mengenal sistem asuransi. Berikut tipsnya:

  1. Tentukan jenis perlindungan asuransi yang diinginkan. Perlindungan secara menyeluruh (All Risk) memberi proteksi yang paling baik, tapi Anda perlu memperhitungkan sisi ekonomisnya.
  2. Jangan terpaku pada besar kecilnya premi asuransi yang harus dibayar. Lihat kredibilitas perusahaan tersebut, terutama dari segi pelayanan, penanganan klaim dan kemampuan keuangannya.
  3. Banyak perusahaan asuransi yang kredibel dan bonafid, walau tanpa dukungan perusahaan reasuransi. Namun tak ada salahnya mencari tahu track record perusahaan reasuransi (bila ada).
  4. Apakah perusahaan itu memberi benefit tambahan, seperti pelayanan klaim asuransi 24 jam, derek gratis, jaminan proses klaim 24 jam, dll?
  5. Ada baiknya Anda melihat jaringan bengkel rekanan perusahaan itu. Berapa jumlahnya, di mana lokasinya dan bagaimana kualitas bengkel-bengkel tersebut.
  6. Pahami betul apa saja hak dan kewajiban Anda. Apa yang boleh Anda lakukan dan apa yang tidak. Apakah ada pengecualian dalam kontrak polis asuransi, apa untung ruginya bagi Anda?

Sebelum Memodifikasi Motor Anda

Membuat kendaraan roda dua ini selalu terlihat cantik merupakan salah satu obsesi yang kerap ditemui di antara para pengendara motor. Beragam cara modifikasi pun dilakukan agar bukan hanya untuk mendongkrak tampilannya, tetapi juga memiliki keunikan yang membuatnya berbeda dengan jenis motor lainnya.

Tren modifikasi motor itu sendiri selalu berubah setiap tahunnya. Dan seperti halnya tren mode, beberapa gaya modifikasi pun mengalami perputaran yang berulang kembali di suatu waktu. Namun, selain mengikuti tren yang sedang berlangsung, ada baiknya memodifikasi motor sesuai dengan karakter dan hobi diri sendiri.

Hal itulah yang perlu diperhatikan pertama kali sebelum mendandani motor, sehingga akan lebih mudah menentukan jenis aksesori yang akan ditambah atau diganti pada bodi motor Anda. Aliran gaya modifikasi motor yang bisa dipilih pun sangat beragam, seperti klasik, custom, balap, touring, dan masih banyak lagi. Sebelum melakukannya, Anda bisa membuat gambar modifikasi terlebih dahulu untuk memudahkan proses modifikasi selanjutnya.

Sebagai contoh, jika senang dengan yang berbau klasik, menambah windshield, whitestripe pada bagian ban, serta ukuran spion yang sedikit besar akan memberi kesan klasik yang lebih kental. Lain halnya bagi mereka yang gemar touring ke berbagai tempat, mendandani motornya sesuai dengan kebutuhan hobi merupakan sebuah keharusan. Anda bisa melakukan modifikasi jok. Misalnya dengan menambah boks di bagian belakang jok atau meletakkannya di bagian kiri dan kanan motor.

Besar kotak boks ini pun bervariasi, ada yang 28 liter, 33 liter, dan seterusnya. Sementara jika diletakkan di sisi motor biasanya menggunakan ukuran 21 liter. Di sisi lain, ada pula yang melakukan modifikasi tangki yaitu dengan menggunakan fairing di bagian tersebut sehingga mengentalkan kesan motor balap, sesuai dengan obsesi pemiliknya.

Masih di seputar bodi, modifikasi biasa dilakukan pada bagian stang, menambahkan airbrush untuk memberi sentuhan unik pada motor, hingga pemilihan jok motor. Untuk bagian roda, motif velg bisa diganti sesuai dengan gaya modifikasi yang dipilih pengendara.

Selanjutnya Anda juga bisa melakukan modifikasi ban. Sebagai contoh, pada motor touring akan lebih baik menggunakan ban berukuran besar yang memberi kenyamanan lebih untuk berkendara jarak jauh, dengan motif ban yang memiliki daya tapak lebih baik. Sekarang, gaya apa yang ingin Anda pakai untuk mendandani motor?

Tips Mengganti Sendiri Oli Mesin Mobil Anda

Walaupun sebenarnya mengganti oli mesin mobil anda adalah proses yang mudah, banyak orang lebih suka pergi ke bengkel untuk menggantinya. Berikut ini adalah beberapa tips bagi mereka yang ingin menghemat sedikit waktu dan biaya, dengan mengganti oli mesin mobil sendiri.

Langkah Persiapan

1. Tempatkan mobil Anda pada permukaan yang benar-benar datar.

2. Mobil harus benar-benar dalam kondisi berhenti (tak bergerak). Kalau perlu, gunakan jack stands untuk menahan body mobil.

3. Jack stands harus selalu terpasang saat mobil diangkat dengan dongkrak. Jangan berada di bawah mobil jika mobil masih dalam kondisi didongkrak.
4. Selalu gunakan sarung tangan yang berbahan tebal dan anti panas saat mengganti oli mesin mobil, untuk menghindari katup penutup oli yang panas.

Peralatan Yang Dibutuhkan

1. Buku panduan. Ini sangat penting untuk bisa mengetahui informasi tentang jenis oli mesin dan berapa banyak takaran yang dibutuhkan mesin mobil Anda

2. Oli mesin mobil
3. Mangkuk penampung oli bekas
4. Filter oli baru

5. Kunci filter oli

6. Kunci pembuka bergigi

7. Sarung tangan

8. Seperangkat kunci baut 9. Lap 10. Corong 11. Dua buah jack stands atau penyangga body mobil

12. Dongkrak


Mengganti Oli

1. Saat kita mempersiapkan peralatan untuk mengganti oli mesin, biarkan mesin mobil menyala selama kurang lebih 10 detik, sebelum mulai mengganti oli. Kemudian, tempatkan mobil Anda pada permukaan yang datar dan pasanglah hand-rem atau rem tangannya.

2. Letakkan dongkrak di atas permukaan yang keras dan sekiranya mampu menopang body mobil.
3. Dongkraklah bagian depan mobil dengan hati-hati. Kalau perlu, masukkan gigi satu untuk mobil-mobil yang bertransmisi manual. Atau lebih meyakinkan lagi, ganjallah ban belakang mobil dengan batu.
4. Lihatlah pada buku manual, dimana letak katup untuk membuang oli. Biasanya itu terletak di bagian depan-tengah-bawah dari mobil.
5. Pastikan mangkuk penampung oli bekas berada di bawah katup pembuang oli, sebelum membuka katup tersebut. Dengan menggunakan kunci pembuka, bukalah katup tersebut searah dengan jarum jam (jika Anda membukanya dari atas). Hati-hati, bisa jadi suhu oli masih panas.
6. Biarkan oli keluar hingga benar-benar habis, sementara bersihkan katup pembuangan oli tersebut, serta bukalah katup untuk memasukkan oli yang baru. Setelah itu pasanglah kembali katup pembuangan, kencangkan dengan wajar (jangan terlalu kencang).
7. Gantilah oli filter yang lama dengan yang baru. Periksa seal dari filter dan tambahkan lapisan film baru yang tebal untuk melapisi seal. Kemudian pasanglah filter oli yang baru dan kencangkan dengan tangan.
8. Setelah filter baru terpasang, bukalah tutup oli mesin, masukkan corong dan tuangkan oli mesin yang baru, sesuai dengan takaran yang telah ditetapkan pada buku panduan. Setelah takaran terpenuhi, tutuplah kembali tutup oli dan bersihkan tumpahan oli di sekitar lubang tersebut.
9. Hidupkan mobil dan biarkan mesin menyala beberapa saat. Kemudian periksalah ketinggian oli dengan tongkat ukur (sudah terpasan di atas mesin) dan tambahkan oli lagi jika diperlukan.
10. Periksalah kemungkinan kebocoran di saluran pembuangan oli dan filter oli yang baru. Jika ada, kencangkan hingga tak terlihat rembesan oli. Sebagai tambahan, jika Anda selalu menambahkan oli untuk mendapatkan takaran yang pas, berarti ada kebocoran oli pada mesin. Maka Anda harus segera memeriksa letak kebocorannya. Atau segeralah menghubungi bengkel yang terdekat.

Perhatikan tanggal penggantian oli tersebut dan jarak tempuh mobil Anda. Oli sebaiknya diganti tiap 3000 km, atau tiap tiga bulan sekali, jika Anda tak terlalu sering dan tak jauh mengendarainya. Penggantian oli yang terlambat akan berakibat pada mudah naiknya temperatur mesin dan bunyi mesin yang kasar.

Saat mengganti oli, sebaiknya Anda juga memeriksa juga bagian mobil lainnya yang mengandung cairan, seperti pendingin, power steering, transmisi dan juga rem. Siapa tahu diperlukan penambahan cairan atau oli rem, sehingga Anda juga bisa mengontrolnya. Nah, selamat mencoba.

BISNIS SEWA MOBIL (B)

Persiapan:
Bisnis sewa mobil dibagi 2 model:
1. Dengan sopir. Biasanya sistem sewa jam-jam an atau sewa harian.
2. Tanpa sopir. Biasanya sewa mingguan, bulanan, tahunan.
Anda perlu ekstra hati-hati saat menyewakan kendaraan Anda. Pastikan betul identitas si penyewa, karena bisnis ini beresiko tinggi. Anda harus mengasuransikan mobil anda. Tidak diasuransikan juga bisa, tapi resiko ditanggung sendiri.. bukan ditanggung asuransi

Jika penyewa tidak membutuhkan sopir, Anda harus benar-benar memastikan bahwa si peminjam bisa dipercaya sepenuhnya.

Langkah-langkah utama;

  • Angka penyewaan mobil yang paling tinggi adalah mobil keluarga seperti Kijang dan Panther. Mobil tersebut bisa dibeli secara kredit. Biaya-biaya perawatan mobil sewaan antara lain:
  • ganti oli, service, ganti ban, dan lain-lain.Usia mobil di atas dua tahun biasanya membutuhkan perawatan ekstra.
  • Persiapkan juga biaya tahunan seperti pajak kendaraan, asuransi kendaraan.
  • Biaya iklan sewa mobil.


Asumsi pendapatan:
Sewa bulanan misalnya 3 juta sampai dengan 6 juta perbulan.
Untuk menghitung sewa mobil, perhitungkan dulu untuk bayar cicilan mobil perbulan serta operasional perawatan mobil.

Kendala usaha:
Relatif tinggi (tingkat resiko kehilangan dan biaya perawatan).

Bisnis Sewa Mobil (A)

Pulang kampung alias mudik kini menjadi urusan yang gampang-gampang susah. Urusannya menjadi mudah jika punya mobil sendiri yang layak dikendarai untuk jarak tempuh yang lumayan jauh. Sebaliknya, mudik akan menjadi urusan rumit jika pemudik hanya mengandalkan angkutan umum, baik darat, laut maupun udara.

Masalahnya, setiap kali menjelang Lebaran, yang namanya tiket kereta api, bus, pesawat maupun kapal laut sulit diperoleh. Lain cerita jika pemudik bersedia membayar sangat mahal untuk mendapatkan tiket yang sudah dikuasai calo. Banyak orang kini berupaya mencari alternatif lain untuk bisa mudik. Salah satu alternatifnya adalah menggunakan mobil sewaan.

Alternatif ini tentunya ikut mendongkrak bisnis sewa mobil atau rent car. Seorang pengelola rent car mengatakan, sudah menjadi kebiasaan kalau menjelang Lebaran terjadi lonjakan permintaan. Menurut seorang pengelola bisnis rental mobil mengaku mulai kebanjiran pesanan sejak satu minggu menjelang puasa. “Rata-rata penyewa memesan untuk pemakaian kendaraan mulai H-4 dan H-1.

Dia mengemukakan, para penyewa umumnya memesan kendaraan jenis minibus, misalnya Kijang dan Panther. Pemilihan jenis minibus bisa dimaklumi, karena kendaraan jenis itu bisa memuat penumpang cukup banyak. Harga sewa juga berbeda, salah satunya karena mobil minibus mampu menampung kapasitas lebih banyak dan permintaan terhadap minibus yang meningkat.

Dalam sistem pembayaran sewa menjelang mudik, saat pemesanan para penyewa hanya membayar uang muka. Sisanya biasanya dibayar setelahnya.

Dalam bisnis sewa mobil, penyewa menanggung biaya bila kendaraan yang disewanya mengalami kecelakaan. Sementara untuk kerusakan mesin menjadi tanggung jawab pengelola rent car. Karenanya, sebelum diserahkan kepada si penyewa, semua kendaraan telah diservis dan dicek seluruh perlengkapannya.

Ada perusahaan penyewaan yang memberlakukan sistem lepas kunci, artinya kendaraan beserta kunci dan surat-suratnya diserahkan kepada penyewa, dan ada juga yang menyiapkan sopir untuk mengantar penyewa. Semuanya tergantung pada Anda. Apakah Anda tertarik bisnis ini, atau hanya menjadi penyewa mobil?

Sekilas Dunia Rental Mobil

Dalam melakukan perjalanan, permintaan terhadap mobil rental lebih diminati daripada transportasi umum. Pemesanan sewa mobil meningkat pada musim liburan sekolah (Juni-Juli). Geliat bisnis rental mobil semakin menjadi-jadi

Dengan mobil rental, orang menjadi lebih mudah pergi ke tempat tujuan. Keamanan, kenyamanan, dan sebagainya menjadi alasan penting di balik itu. Dalam sistem sewa, Anda bisa menyewa mobil perjam, mingguan maupun bulanan. Tarifnya sudah ditentukan masing-masing perusahaan penyewaan.

Salah satu trik pusat penyewaan mobil dalam meraih pelanggan dengan memberikan diskon, termasuk paket yang meringankan beban sewa konsumen. Paket memikat lainnya adalah menyediakan jasa supir dan bensin pada hari-hari tertentu dengan harga yang lebih hemat daripada hari biasanya.

Ada juga perusahaan yang memberikan tarif paket untuk antar-jemput, Biaya itu termasuk bensin, sopir, dan lain- lainnya. Bila pelanggan menyewa harian tentunya lebih mahal daripada sistem sewa mingguan atau bulanan. Perhitungan tarif dipengaruhi jarak, lama sewa, serta tujuan.

Dengan cara-cara tersebut bagi Anda yang tertarik menyewa mobil bisa memilih layanan yang diinginkan, atau Anda tertarik dengan bisnis rental mobil?

Sabtu, 28 Juni 2008

Tips Bertahan Dalam Bisnis Rental Studio Musik / Studio Rekaman

Sering saya jumpai rental studio musik yang berlokasi “tidak pada tempat”-nya. Ada yang berlokasi di pinggiran jalan, dan maksud saya benar-benar dipinggiran jalan. Dibatasi oleh dinding langsung menuju jalur jalan dua arah dimana rute bis antar kota lalu lalang. Ada juga dibelakang rumah makan padang, si pemilik mempunyai jabatan ganda, sebagai penjual masakan padang dan owner studio musik. Maksudnya mungkin baik, jika para pemain sudah berlatih mati-matian, mungkin akan tersalurkan nafsu makannya dengan memesan nasi padang hangat langsung di depan pintu keluar studio dan tagihan akan disatukan dengan bill rentalnya. Effektif ? mungkin tapi tidak profesional (ini menurut saya loh!) Kemungkinan dengan keadaan seperti itu amply gitar head cabinet apapun merknya lama-lama akan tercium bau rendang. Usaha bisa digabung, tapi ada batasan ruangnya yang dibedakan berdasarkan fungsi. Dimana latihan band dan dimana acara kuliner diadakan. Alasannya terdengar tidak asing jika ditanya kenapa ?
” Ya dulunya saya coba-coba buka rental studio musik yang katanya cukup menjanjikan….. dan ternyata janji tersebut adalah gombal!” jawabnya sambil cengar-cengir

Beberapa hal yang perlu dan penting diperhatikan untuk bertahan dalam bisnis rental studio musik.

1. Selalu utamakan konsumen adalah Raja.
Perlakukan seistimewa mungkin dan tegur seramah mungkin. Sering memang stick drum patah oleh pada penyewa rental, bukan berarti kita berhak untuk marah-marah. Sering terjadi skin snare bolong karena penjiwaan lagu dengan beat menggebu-gebu kita berhak untuk ngomel-ngomel. Bagaimana pun juga penyewa mengeluarkan koceknya untuk menyewa studio musik mengasah keterampilan mereka dalam bermain musik. Di sini perlu disusun aturan mainnya, jika ada peralatan yang rusak tidak disengaja maupun disengaja, pemilik alangkah baiknya menempelkan aturan-aturan mainnya di tempat yang mudah dilihat.

2. Pemeliharaan Barang
Penting sekali untuk meremajakan peralatan studio musik secara berkala, minimal maintenance studio musik. Skin pada drum jika memang sudah tidak bisa mengeluarkan suara yang diinginkan bisa di ganti atau minimal di”tunning” ulang. Snar-snar pada gitar untuk diremajakan agar tetap dalam konsidi bagus. Perawatan kebersihan pada alat dan instrument lebih baik jika dilakukan 1 jam sebelum studio rental dibuka.

3. Beriklan
Secara bertahap menyebarkan iklan dan promosi studio musik (studio rekaman / recording studio) berupa selebaran-selebaran di sebar langsung di jalan atau di tempel di tempat-tempat yang sering dikunjungi. Sekolah, Kampus, Wartel dan kalau perlu di pinggir-pinggir jalan juga bisa. Dan jangan lupa sebarkan iklan-iklan tersebut sesuai dengan waktunya. Misalkan menjelang liburan atau menjelang malam minggu. Promosi ini hukumnya wajib untuk dilaksanakan minimal sebulan sekali, jangan menganggap kegiatan ini hanya buang-buang uang saja. Sebetulnya tidak, cara ini efektif untuk mencari langganan baru.
Sediakan juga stiker untuk dibagikan kepada para penyewa, trik lama ini sebetulnya sangat efektif, beneran dech ! suwer! apalagi jika sticker yang kita buat sangat menarik.

4. Program dan Diskon
Adakan selalu program diskon-diskon yang menarik. Misalnya; tiga kali menyewa studio minmal 2 jam akan diberikan gratis 1 jam penuh. Atau minimal 3 jam sewa akan diberikan free softdrink. Bisa juga minimal 3 jam sewa akan dapat voucher yang dikumpulkan sampai 10 voucher bisa ditukarkan dengan 1 jam sewa gratis. Apa saja dan bagaimana saja caranya.

Seperti yang pernah saya tuliskan jika usaha seperti ini adalah usaha yang “sangat lama” untuk “balik modal” Karena apalagi ini termasuk usaha Jasa Studio Rekaman. 1 tahun pertama adalah 1 tahun buang-buang uang, ya! untuk menjaring penyewa baru, untuk iklan, dan bertahan hidup jika sedang kosong penyewa, bertahan hidup ini maksudnya untuk bayar operator studio rekaman, retribusi sampah. listrik, telepon dan lain-lainnya. Sekedar secuil saran kecil bisa juga sambil berjualan baju-baju yang berhubungan dengan musik. Atau aksesories lainnya yang berhubungan dengan musik, misalnya selain kaos, aksesories seperti bandana, kalung, cincin, anting dan lain-lainnya.

Tip dan Trik Membuat Profesional Video dengan Camcorder

Sekarang sudah tidak aneh lagi melihat orang menenteng-nenteng kamera video di berbagai acara. Yup, perangkat ini tidak lagi didominasi oleh para profesional dan sineas saja. Dengan desain yang semakin minimalis dan kompak, plus fitur dan fungsi yang mudah dioperasikan, kamera video semakin ’ramah’ bagi pengguna amatir dan pehobi videography. Salah satu kamera video portable yang marak saat ini adalah camcorder. Yaitu kamera sekaligus video recorder. Perangkat ini merupakan kamera video tipe digital yang hadir dalam berbagai ukuran dan kemampuan. Jika Anda baru membeli camcorder atau sedang mencoba hobi videography menggunakan perangkat ini, berikut langkah-langkah untuk membuat video yang tidak terlihat ’biasa ’ dan ’amatiran’. 1. Gunakan tripod Meski camcorder Anda dilengkapi built-in image stabilization, sebaiknya Anda menggunakan tripod untuk menjaga kestabilan camcorder sehingga dapat menghasilkan gambar video yang lebih baik dan tidak shaky 2. Panning, zooming, dan gerakan lainnya Salah satu kesalahan dalam pembuatan video adalah perekaman satu scene yang terlalu lama atau sebaliknya perpindahan antar scene yang terlalu cepat. Rekam subyek Anda selama 10-20 detik, stop dan ambil gambar yang lain. Saat melakukan panning dan zooming, lakukan secara pelan, smooth dan tidak tergesa-gesa. Ini akan membuat video lebih nyaman ditonton. 3. Mengatur komposisi Sebelum merekam, perhatikan posisi subyek dan latarnya, apakah sudah sesuai dengan keinginan. Lakukan seperti halnya sedang memotret. Sebagai panduan, gunakan The Rule of Thirds. Yaitu membayangkan layar dibagi menjadi tiga bidang horisontal dan vertikal. Pastikan subyek yang akan direkam berada pada salah satu dari 4 titik potong antara garis horisontal dan vertikal tersebut. Ini akan membuat tampilan menjadi lebih dinamis, terutama saat Anda membuat video interview atau melakukan close up. Tentu saja, ini bukan harga mati, karena Anda juga bebas untuk membuat kompisisi kreatif lainnya. 4. Gunakan cahaya Sebagian besar camcorder tidak dapat menghasilkan gambar yang bagus jika pada saat perekaman minim pencahayaan. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan cahaya alam dengan melakukan syuting outdoor. Untuk hasil lebih baik, sebaiknya Anda melakukan syuting outdoor di pagi atau sore hari, ketika matahari tidak terlalu tinggi. Jika tetap harus melakukan syuting indoor, pastikan ruangan memiliki pencahayaan yang memadai. Seperti dengan membuka jendela, menyalakan lampu, dan menggunakan built-in light pada camcorder.5. Video Rekaman haruslah bercerita Video yang baik harus memiliki alur cerita yang utuh, yaitu pembuka, isi dan penutup. Maka sebaiknya sebelum melakukan perekaman, Anda sudah memiliki rencana apa saja yang akan direkam dalam bentuk storyboard sederhana. 6. Jangan lupa, perawatan! Terakhir adalah merawat camcorder agar tidak mudah rusak sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Bersihkan lensa dan layar dengan lap khusus yang lembut. Hindari dari panas, pasir, air dan udara yang lembab. Dan letakkan pada tempat yang aman agar tidak jatuh. Jika rusak, segera perbaiki di layanan perbaikan resmi.
7.Lebih baik jika anda belum mahir banget, ikutilah kursus atau konsultasi dengan ahli video rekaman atau juga gunakanlah jasa Video Recording yang profesional, sehingga rekaman acara anda akan mendaptkan hasil terbaik

source : http://www.kalasanmultimedia.com/

Tips membuat Video Amatir

Kemarin pergi ke sebuah perusahaan untuk melakukan kegiatan videografi dan fotografi. dan kami mengikuti seminar mengenai tehnik melakukan video recording. Beberapa tips untuk membuat video yang baik (dengan asumsi, kita telah memiliki alat untuk merekam, apapun itu, bahkan handphone hehe):

1. Siapkan StoryBoard. Story board ini kayak gambar-gambar yang menyusun cerita pada video rekaman. Dengan membuat storyboard, kita jadi punya pegangan scene apa yang masih kurang/belum kita take.
2. Sebelum pengambilan gambar, pakai baju yang nyaman dan banyak kantongnya, berguna untuk menyimpan perlengkapan kamera
3. Pakai Tripod. Penting.
4. Rekam 3 shoot penting. Wide Shot, mengambil gambar lokasi. Medium Shot, mengambil sebagian object yang sedang beraksi, misal abang gorengan. Close Up, mengambil bagian yang spesifik, misal, tangan abang gorengan yang lagi menggoreng.
5. Jangan pake zoom
6. Rekam any object at least dalam 10 detik
7. Kalo mau rekam video interview, video keluarga, video klip, video pernikahan dan lainya, usahakan memposisikan kamera video dengan tepat dan benar.

8. Edit video rekaman. Selesai!

source : http://www.salsabeela.com/

TIPS MERAWAT KOMPUTER ANDA

beberapa tips untuk melakukan perawatan komputer….so lets cek it now


1. Bersihkan motherboard & periferal lain(hardware) dari debu secara berkala. Untuk membersihkannya dapat kiga gunakan kuas halus ukuran kecil dan sedang. Setidaknya dua bulan sekali hal ini harus dilakukan. Buka casingnya terlebih dahulu kemudian bersihkan motherboard dan periferal lain (RAM, Video Card, Modem, Sound Card, CDR/CDRW/DVRW, TV Tuner) dengan sikat halus. Pada saat komputer tidak digunakan tutuplah komputer (monitor, CPU, keyboard/mouse) dengan cover sehingga debu tidak mudah masuk ke dalam komputer.

2. Uninstall program yang tidak berguna. Ruang harddisk yang terlalu banyak tersita akan memperlambat proses read/write harddisk sehingga beban kerjanya akan lebih berat sehingga harddisk akan cepat rusak. Biasanya akan muncul warning juga space hardisk kita sudah penuh. System operasi windows sudah mendukung akan hal yang seperti ini

3. Bersihkan Recycle Bin secara rutin. Sebenarnya file/folder yang kita hapus tidak langsung hilang dari harddisk karena akan ditampung dahulu di Recycle Bin, namun ada beberapa jenis setingan yang bisa kita gunakan antara lain memberikan peringatan saat menghapus, hapus lalu simpan di tempat sementara atau hapus permanen. Untuk setingan yang hapus lalu disimpan ditempat penampungan ini dengan maksud agar suatu saat apabila Anda masih membutuhkannya dapat mengembalikan lagi. Recycle Bin yang sudah banyak juga akan menyita ruang harddisk yang dapat menyebabkan pembacaan harddisk jadi lelet. Caranya jalankan Windows Explorer >> klik Recycle Bin >> klik File >> klik Empty Recyle Bin. Atau Anda dapat menjalankan fungsi Disk Cleanup Caranya Klik Start >> Program >> Accessories >> System Tool >> Disk Cleanup >> kemudian pilih drive yg mau dibersihkan >> setelah itu centangilah opsi Recycle Bin kalau perlu centangi juga yg lain (seperti temporary file, temporary internet file), setelah klik OK.

4. Install program antivirus dan update secara berkala. Untuk dapat mengenali virus/trojan2 baru sebaiknya update program antivirus secara berkala. Virus yang terlanjur menyebar di komputer dapat membuat Anda menginstall ulang komputer. Hal ini selain membutuhkan biaya juga akan menyebabkan harddisk Anda akan lebih cepat rusak dibanding apabila tidak sering diinstall ulang. Ada baiknya kita menonaktifakan sistem restore yaitu dengan cara klik kanan My Computer >> pilih System Restore >> lalu beri tanda centang pada cek box dengan keretangan Turn off System Restore on all drive

5. Tutup / close program yg tidak berguna Setiap program yg diload atau dijalankan membutuhkan memory (RAM) sehingga semakin banyak program yg dijalankan semakin banyak memory yg tersita. Hal ini selain dapat menyebabkan komputer berjalan lambat (lelet) juga beban kerja menjadi lebih berat yg akhirnya dapat memperpendek umur komponen/komputer

6. Defrag harddisk secara berkala. Fungsi defrag adalah untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read/write sehingga beban kerja akan lebih ringan yg akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk. Caranya klik menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk DefragmenterSaat menjalankan fungsi ini tidak boleh ada program lain yg berjalan termasuk screensaver karena akan mengacaukan fungsi defrag ini. Untuk cara ini dianjurkan tidak terlalu sering,mengapa….? Defrag adalah proses pengaturan file pada hardisk. Untuk mengaturnya agar berada pada posisi track yang berdekatan maka dilakukan gesekan untuk memindahkan. Defrag yang terlalu sering akan menyebabkan kondisi piringan hardisk cepat rusak karena seringanya proses pengikisan hardisk.

7. Ventilasi yang cukup Tempatkan monitor maupun CPU sedemikian rupa sehingga ventilasi udara dari dan ke monitor / CPU cukup lancar. Ventilasi yg kurang baik akan menyebabkan panas berlebihan sehingga komponen komputer / rangkaian elektronik di dalamnya akan menjadi cepat panas sehingga dapat memperpendek umur komponen tsb. Oleh karena itu usahakan jarak antara monitor/CPU dengan dinding/tembok minimal 30 cm. Kalau perlu pasang kipas angin di dalam ruangan. Akan lebih baik lagi jika menggunakan AC, hmm tambah dingin

8. Jangan meletakkan Speacker Active terlalu dekat dengan monitorKarena medan magnet yang ada pada speacker tersebut akan mempengaruhi monitor yaitu warna monitor menjadi tidak rata atau belang-belang.

9. Pasang kabel ground. Apabila casing komputer nyetrum, ambil kabel dengan panjang seperlunya, ujung satu dihubungkan dengan badan CPU (pada casing) sedangkan ujung yg lain ditanam dalam tanah. Hal ini akan dapat menetralkan arus listrik yg “nyasar” sehingga dapat membuat komponen elektronik lebih awet.(diambil dari berbagai sumber)
Ditulis dalam informatika room.

Tips Memilih Kursus untuk Anak Anda

Jenis kursus
Ini pertimbangan utama yang harus Anda tentukan lebih dahulu, baik untuk kursus keterampilan maupun kursus peningkatan kompetensi. Misalnya jika Anda ingin mengikuti kursus misalnya kursus komputer, kursus bahasa inggris dan lainya dalam waktu singkat, Anda dapat memilih program kursus.

Biaya Kursus
Hal lain yang juga perlu Anda pertimbangan adalah biaya. Pikirkan biaya yang paling pas dengan kondisi keuangan Anda. Biasanya tempat kursus dengan fasilitas Kursus dan kualitas yang bagus biayanya memang mahal. Tapi jika dibandingkan dengan ilmu yang Anda dapatkan, biaya yang dikeluarkan tentu tidak terlalu berarti.

Pengajar ( Guru Kursus )
Poin yang satu ini amat penting bagi Anda yang ingin cari tempat kursus. Karena tanpa pengajar yang bagus, mustahil Anda dapat mencerna pelajaran dengan baik. Untuk itu, cari informasi tempat kursus mana saja yang pengajarnya berkualitas. Anda bisa bertanya pada teman-teman yang lebih dahulu kursus. Bisa juga Anda cari lewat media online atau media cetak yang menyajikan informasi tersebut.

Fasilitas
Belajar dengan fasilitas yang lengkap dan mempermudah proses belajar memang asyik. Misalnya tempat kursus itu dilengkapi dengan kelas yang nyaman dan ber-AC, perpustakaan yang lengkap, dan ruangan audio visual. Biasanya dengan fasilitas ini belajar pun tambah semangat dan enjoy.

Jumlah siswa
Belajar bersama di kelas memang seru. Tapi ingat, kalau terlalu banyak Anda malah sulit konsentrasi. Kalau bisa, belajarlah dengan jumlah siswa paling banyak 10 atau 15 orang. Jumlah ini cukup ideal untuk belajar di kelas, tidak kebanyakan dan tidak terlalu sedikit.

Lokasi kursus
Kalau bisa pilihlah tempat kursus yang lokasinya tidak terlalu jauh dari kantor atau tempat tinggal Anda. Sehingga Anda mudah menjangkaunya dan tidak terlalu banyak menghabiskan waktu di jalan. Tempat yang jauh dikhawatirkan akan menghabiskan waktu dan energi Anda.

Waktu
Aturlah waktu kursus Anda sedemikian rupa. Kalau bisa pilihlah waktu kursus di saat libur seperti Sabtu dan Minggu. Maksudnya agar tidak bentrok dengan waktu kerja Anda. Bisa juga Anda pilih waktu setelah jam kantor, misalnya jam 7 sampai 9 malam. Dengan catatan, fisik dan energi Anda masih cukup kuat untuk menjalani kursus setelah seharian bekerja.



source : http://www.portalhr.com/

Tips Shooting Pesta Pernikahan

Anda tidak mungkin untuk mendapatkan semua keseluruhan gambar dari setiap pesta pernikahan, tapi jika anda mendapatkan moment - moment pernikahan yang baik, maka anda siap untuk mengedit video pesta pernikahan penuh kenangan tersebut.

Satu hal lagi yang penting: saya menggambarkan banyak special shot, misalnya rack focus, crane shot, dan camera moves. Semua itu akan berhasil, jika anda benar-benar siap dan ahli, juga posisi anda steady, frame sudah sesuai, expose sesuai, dan jarak juga sudah tepat. Dengan kata lain. Yakinlah, bahwa anda sudah menguasai basicnya sebelum mengambil moment yang keren! Ok, mari kita mulai…

Sebelum pesta dimulai :

Ruang rias Pengantin saat anda ditempat, anda dapat mengikuti langkah berikut:

* Shot buket bunga dan dekorasi pernikahan tersebut. Saya suka melakukan shot perlahan, camera bergerak pelan dengan rangkaian bunga sebagai focus. Dan saya juga suka melakukan slow zoom out, atau shot yang menggambarkan suasana ruang.
* Persiapan pengantin pria, anda bisa mengambil rekaman video pernikahan pada saat moment yang unik seperti, saat pendamping pengantin pria mengecek jamnya, atau saat sedang menyiapkan pakaian pengantin dan accessoriesnya. Atau beberapa video moment pernikanan unik lainnya yang tidak terduga.

Detail shots (kadang bahkan harus diambil secara macro). (contohnya: saat akad nikah / Resepsi Pernikahan), pada meja terdapat buku nikah, kotak cincin, dan mas kawin. Anda mungkin bisa mengambil gambar benda-benda tersebut dengan cara camera moving secara pelan dan mengambil beberapa gambar close up pada setiap bendanya. Jika mungkin anda dapat menatanya di meja kemudian anda ambil dari berbagai angle dengan cara zoom in dan zoom out pada alur yang lambat.

Ide tambahan untuk detail shot : selop pengantin, baju pengantin yang tergantung, perhiasan dan accessories pengantin, tempat cincin, pengiring pengantin dan penerima tamu.

Exterior Mesjid: Yang menarik adalah memulai pengambilan dari bagian atas Masjid, kemudian keseluruhan tampak bangunan, coba untuk menangkap seni arsitektur bangunan tersebut dari berbagai angle, jangan berdiri mematung dan mengambil satu dinding saja. Jika disekitar bangunan ada pohon besar yang unik atau kumpulan bunga yang cantik, maka anda dapat menggunakan secara depth of field shot, focus pada satu titik yang menarik, kemudian perlahan berpindah ke arah bangunan Masjid.

Pengantin meninggalkan Masjid. Jika pengantin sudah masuk ke dalam mobil, coba untuk mengambil gambar saat mobil tiba di rumah dan saat meninggalkan masjid.

Saat di Pesta ;

Pengambilan video ( Video Recording ) secara kontinyu, mulai dari saat pengantin perempuan berjalan masuk hingga kemudian berdampingan dengan pengantin pria. Idealnya, gunakan 2 camera. Tempatkan salah satu di posisi menghadap ke arah pengantin. Untuk camera lainnya langsung anda pegang sendiri, posisikan diri anda di sebelah depan pengantin perempuan, saat proses shot dimulai, biarkan pengantin berjalan melewati anda. Kemudian setelah pengantin perempuan sampai di tempat acara, pindahkan tripod hingga berada dalam angle yang baik untuk mengambil gambar saat pengantin mengucapkan janji. Perpindahan posisi camera ini sebaiknya dikoordinasikan dengan panitia lainnya, kalau perlu dapat dilakukan latihan terlebih dahulu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

source : http://hendroche.wordpress.com/

TEKNIK SABLON BAJU / SABLON KAOS UNTUK PEMULA ( SABLON MANUAL )

Dalam penyablonan ada lima tahapan, yaitu;
1.penyetingan gambar
2.tahap pra-afdruk (sebelum pe-film-an)
3.tahap afdruk
4.tahap penyablonan
5.penghapusan film

1. Penyetingan gambar
Siapkan gambar yang akan di sablon sebelum dicetak sablon, kemudian edit berdasarkan warna masing-masing, dalam hal ini biasanya menggunakan program coreldraw dan photoshop.

2. Tahap pra-afdruk (sebelum pefilm-an)
Tahap ini meliputi pembersihan dan persiapan screen. Dalam pembersihan dan persiapan screen alat-alat sablon yang dibutuhkan meliputi:
-sabun colek
-air
-kain spon
Pertama-tama screen sablon kita cuci menggunakan air dan sabun kemumudian kita usap dengan menggunakan kain spon. setelah kita cuci, screen harus kita keringkan dengan menjemurnya di sinar matahari, hal ini perlu karena sebelum di afdruk screen harus benar-benar bersih dan kering.

3.Tahap afdruk (pefilm-an)
Tahap ini meliputi pemberian obat, pembakaran screen/pefilm-an, dan pencucian obat pada screen.Di dalam tahap pemberian obat kita membutuhkan alat-alat antara lain berupa:
-screen
-obat afduk
-kipas angin/blower
-alat perata screen
pertama-tama kita siapkan obat afdruk dengan cara campur cairan merah dan putih (dosissesuai anjuran di kotak box-nya). Setelah obat tersebut tercampur dengan rata tuangkansedikit demi sedikit pada screen dan ratakan setipis-tipisnya, kemudian screen tersebut kitakeringkan dengan menggunakan kipas angin atau blower. di dalam pengeringan ini screen tidakboleh terkena sinar matahari untuk itu dianjurkan pengeringan di ruang tertutup. setelahkering kita memasuki tahap pembakaran screen atau pefilm-an. di tahap ini kita membutuhkan alat-alat antara lain berupa:
-kaca
-gambar yg telah diedit
-screen
-kain dengan warna hitam
-busa screen
-papan
pertama kita ambil papan terlebih dahulu, taruh busa di atas papan kemudian taruh kain warna hitam di atas busa tersebut. lalu kita ambil screen yang telah kita siapkan kemudian taruh screen diatas kain berwarna hitam setelah itu kita ambil gambar yang telah diedit dan tempel diatas screen , sebelum gambar tersebut kita tempel di screen terlebih dahulu kita olesi dengan minyak garong, hal ini dilakukan agar kertas pada gambar akan tembus sinar. setelah itu taruh kaca diatas screen. untuk lebih jelasnya urutan dari bawah ke atas adalah:
1.papan
2.busa screen
3.kain berwarna hitam
4.screen
5.gambar
6.kaca
setelah itu kita sinari screen dengan sinar matahari. didalam penyinaran waktu yang dibutuhkan antara 3 sampai 5 detik. karena jika terlalu lama dalam penyinaran, pefilm-an screen tidak akan gagal. setelah screen kita sinari, maka screen tersebut harus kita cuci untuk membersihkan berkas-berkas obat. dalam pencucian kita membutuhkan alat penyemprot, alat ini digunakan untuk membersihkan obat yang tersisa di sela-sela gambar yang terdapat pada screen.

4.Tahap penyablonan / Teknik Sablon
Pada tahap ini, alat-alat yang kita butuhkan antara lain:
-screen(yang telah difilm)
-minyak cat
-cat
-meja berkaca
-pengunci screen
-rakel(alat pengesut)
-kertas atau kain
Pertama-tama ambil screen dan kunci screen pada meja berkaca lalu persiapan untuk cat-nya campur minyak cat dengan cat. setelah itu taruh kertas atau kain yang akan disablon diatas meja berkaca, tuang cat pada screen secukupnya kemudian kesut menggunakan rakel. maka jadilah hasil sablonan.

5.Penghapusan film
pada tahap ini kita membutuhkan obat pencuci film. pertama-tama basahi screen dengan air lalu tuang obat pencuci screen pada screen gosok dengan menggunakan kain spon bilas dan keringkan dengan dijemur di sinar matahari
demikianlah tips untuk melakukan sablon secara manual lain halnya dengan sablon digital, untuk sablon digital, anda lebih di tuntut mempunyai alat sablon digital yang cukup mahal bagi anda yang ingin belajar sablon.

source : http://premaninsyaf.blogspot.com/

Membuat Sendiri Souvenir Penikahan ( Pesta Pernikahan )

Memberikan tanda ucapan terima kasih kepada para tamu yang telah memberikan hadiah, sangatlah penting. Ucapan terima kasih biasanya dibuat sederhana dengan menggunakan kertas kartun yang didalamnya tertera nama pengantin dan tanggal hari pernikahan. Tapi, ada yang lebih unik dan tidak biasa, yaitu ucapan terima kasih disertai dengan foto prewedding kalian. Mau tahu caranya?

Tentu pemotretan prewedding adalah hal yang sudah biasa bagi sebagian calon pengantin. Jumlah uang yang dikeluarkanpun tidak sedikit. Untuk itu gunakanlah foto-foto prewedding kamu untuk membuat suatu ucapan terima kasih dalam bentuk kartu nama, yang nantinya dapat kamu berikan kepada para tamu.

Caranya sangatlah mudah:

* Pilih satu atau lebih foto prewedding kamu.
* Design serupa kartu nama dengan menggunakan aplikasi image design seperti adobe photoshop, acdsee, picasa dan lain sebagainya.
* Biasanya ukuran standar kartu nama adalah 9 x 5.5 cm (landscape) atau 5.5 x 9cm (portrait)
* Tambahkan kata-kata seperti THE WEDDING, tanggal pernikahan, tempat resepsi pernikahan, alamat website, email dan lain sebagainya. Serta jangan lupa cantumkan Nama Pengantin.
* Susun kata-kata tersebut, sehingga menghasilkan lay out yang cantik dan indah dilihat.
* Simpan kedalam format jpg atau tiff.
* Setelah design kartu nama tersebut telah selesai, bawalah file tersebut ke tempat percetakan seperti di daerah bendungan hilir atau percetakan Subur di wahid hasyim. Carilah tempat percetakan yang dapat membuat kartu nama secara instan (biasanya 1-2 jam selesai).
* Harga per kotak @ 100 kartu nama, berkisar antara Rp. 50.000,- s/d Rp. 100.000,- , tergantung jenis kertasnya.

Setelah kartu nama tersebut selesai dibuat, kamu dapat memberikannya kepada para tamu, di barengi dengan pemberian suvernir ucapan terima kasih.

Tentunya kartu nama yang terdapat foto pernikahan / foto resepsi pernikahan kalian akan lebih diperhatikan dan disimpan, dibandingkan dengan kartu undangan pernikahan biasa. (AT.WK)

Oleh :
WeddingKLIK.Com

Source Photo serta Kartu nama di design oleh:
My Dove Photography
http://www.mydove.biz

Tips & Proses Pembuatan Video ( Video Recording ) Interaktif untuk Company Profile

1. Riset (Research)

Terlebih dahulu anda harus menggunakan mengadakan penelitian tentang perusahaan klien sebelum anda membuat video perusahaan. Riset bisa dengan cara :
· Wawancara dengan karyawan dan direksi
· Wawancara dengan Klien Perusahaan
· Membaca buku & brosur profil perusahaan
· Membuka website perusahaan
· Foto-foto dll.
Yang penting anda harus mendapatkan data berupa angka, teks dan gambar. Tentu saja data tersebut bukan yang bersifat rahasia, namun yang bersifat umum. Dengan demikian anda akan mengetahui kondisi sebenarnya dari perusahaan tersebut, sehingga anda bisa merasakan dan menjiwai semangat kerja di perusahaan tersebut. Untuk melakukan riset memerlukan waktu kurang lebih 1 minggu.

2. Konsep Video Profil Perusahaan

Setelah anda mempunyai bayangan umum terhadap perusahaan tersebut, kini anda seharusnya cukup percaya diri punya banyak bekal pertanyaan untuk sang klien. Tahap ini lebih banyak bertukar pikiran antara perusahaan / klien dan anda sebagai pembuat CD-i. Pembuat CD-i harus mengerti teknis dan detail pengerjaan CD-i agar keinginan klien bisa terpenuhi. Yang lebih penting keinginan klien bisa ditampung pihak pembuat CD-i. Namun tidak selalu keinginan klien kita terima 100%, akan lebih baik jika pihak pembuat CD-i bisa memberikan masukan berupa ide cerita, audio visual yang kreatif dll.
Setelah berdiskusi panjang lebar, pihak pembuat CD-i bisa segera membuat skenario (berupa struktur CD-ini dan storyboard), sekaligus menghitung harga pembuatan proyek CD-i ini.

a. Struktur Menu
Struktur menu CD-i lebih mirip flow chart. Interface terdiri dari tombol, teks, gambar, suara dll, agar pengguna bisa menggunakan CD-i dengan mudah, komunikatif dan menyenangkan. Dari Struktur menu ini bisa terlihat seberapa rumit proyek CDi anda.

b. Storyline
Storyline lebih mirip cerita pendek. Storyline dibuat jika ada pembuatan video profile dalam CD-i. Oleh karena itu perlu ide cerita yang kreatif, konsep visual yang menarik, teks yang informatif, komunikatif, sehingga menjadi Skenario yang berkesan bagi yang menyaksikannya.
Proses pembuatan Video Company Profile adalah tahap yang paling rumit, biaya produksi tertinggi ada di tahap ini. Ada baiknya anda buat juga versi VCD / VideoCD nya selain CDi agar bisa dijalankan di CD/DVD Player rumahan tanpa harus selalu menggunakan komputer

Tips saat video shooting:

· Namun lebih baik anda mengambil juga data / properti di luar skenario, siapa tahu ada perubahan skenario atau desain yang memerlukan data / properti tersebut. Mumpung di tahap ini anda mendapatkan izin untuk melihat-lihat kondisi dan seluk beluk kantor tersebut.

· Rekam setiap divisi / bagian / departemen dari segi ruangan, produk dan karyawannya.

· Bila anda tidak mempunyai peralatan video shooting bisa menyewa ke video shooting untuk pernikahan.

· Siapkan cadangan baterai dan kaset / DV yang baru.

· Ambil adegan minimal 3x dari berbagai sudut agar anda bisa memilih stockshot terbaik.

· Ambil adegan dari 3 sudut pandang: Close Up, Medium Shot dan Long Shot
· Gunakan Teknik pergerakan kamera seperti Pan, Ped, Tilt, Dolly, Zoom, Truck, Arc dll agar video lebih dinamis.

· Untuk shooting luar ruang cahaya terbaik adalah pukul 8-9 pagi dan 3-4 sore. Jika shooting pukul 11-13 siang, bayangan akan terlalu kuat dan menutupi objek yang dishoot.

· Jangan gunakan rekaman video dari Camera / Foto Digital, karena intensitas cahaya, codec dan resolusi berbeda dengan Camcorder DV. Jika anda mencampuradukkan videonya akan terlihat jelas perubahan nuansanya.

· Anda sebagai sutradara berkewajiban mengatur aktor, kameramen dan pengkondisian suasana ruangan.

· Persiapkan shoot untuk menempatkan objek sepertiga dari area shoot, nantinya untuk penempatan teks saat editing di komputer.

· Umumkan jadwal Shooting ke seluruh pimpinan dan staf perusahaan, agar mereka siap dan tidak kaget menghadapi camera dan tim anda.

· Tokoh perusahaan seperti direktur, komisaris dll, usahakan tampil dan berbicara secara tegas, bersemangat tentang kualitas perusahaannya. Selain ucapan gunakan juga bahasa tubuh seperti gerakan tangan, langkah kaki, gerakan kepala dan senyuman.

· Jika ada karyawan wanita yang berpenampilan menarik, bisa anda ‘manfaatkan’ sebagai aktor untuk adegan seperti bersalaman, menelepon, mengetik, menyambut tamu, presentasi dll.

· Jika di perusahaan tersebut tidak ada yang cantik, anda bisa mengajak rekan anda, menyewa dari agen model, sekolah sekretaris dll. Untuk urusan ini anda tentu lebih tahu.

· Tips dan trik lain tentang shooting silakan tanya orang yang ahli tentang penyutradaraan atau jasa video shooting profesional.

Jumat, 27 Juni 2008

Tips Menyewa Mobil

Memilih rental mobil memang susah-susah gampang, karena semuanya menawarkan fasilitas yang hampir sama, harga yang relatif bersaing, diskon dan sebagainya. Namun mungkin satu hal yang perlu mendapat perhatian adalah masalah pelayanan. Sering sekali banyak dari kita yang mengacuhkan masalah pelayanan hanya masalah harga sewa yang beda 15 sampai 25 ribu per hari, yang mungkin ujung-ujungnya akan mendapatkan pelayanan yang kurang memuaskan. Apa artinya mendapatkan harga sewa mobil murah tapi pelayanannya amburadul.

Berikut tips menyewa kendaraan:

  1. Carilah perusahaan penyewaan mobil yang benar maksudnya ada kantor dan pegawainya
  2. Mencari perusahaan penyewaan bisa lewat internet dan hubungi mereka lewat telp/e-mail terlebih dahulu
  3. Ciri-ciri perusahaan penyewaan yang kredibel adalah jika kita memesan kendaraan akan dilayani oleh pegawai dan dibalas e-mail/fax anda segera mungkin
  4. Setelah anda memesan anda akan diwajibkan membayar uang booking minimal 1 hari jasa sewa di muka untuk memastikan kepastian booking kendaraan anda
  5. Perusahaan penyewaan mobil besar ada yang menerima pembayaran dengan credit card. Untuk lebih amannya anda bisa membayar dengan credit card
  6. Teliti seluruh keadaan kendaraan berikut surat-surat, peralatan kunci, ban serep, dll
  7. Alangkah baiknya jika kendaraan di lengkapi dengan asuransi all risk
  8. Penyewaan kendaraan biasanya memberikan STNK khusus sewa mobil kepada penyewa.
  9. Setelah tanda tangan dokumen penyewaan anda mendapatkan copynya dan simpan baik-baik jika terjadi masalah di jalan seperti kecelakaan, mogok dll segera hubungi telpnya dan jangan lupa tanyakan telpon yang bisa di hubungi 24 jam.

CARA MEMILIH BAN YANG BAIK

Masalah ban pada kendaraan juga membicarakan masalah nyawa. Pasalnya faktor keamanan kita ketika mengendarai kendaraan sangat ditentukan oleh kondisi ban. Selain itu harus disesuaikan pula dengan kondisi jalannya. Sebagai contoh, jika jalannya mulus, ban yang harus digunakan ban yang memiliki "kembang halus".

Mengapa demikian? Sebab struktur karet ban lebih bagus juga daya cengkeram ke aspal lebih baik. Berbeda dengan kembang kasar yang lunak. Kalau digunakan untuk jalan beraspal akan cepat habis, selain suaranya juga berisik.

Seperti dikutip dalam situs astraworld.com, jika ingin mencari kenyamanan berkendara, gunakan profil (aspect ratio) tebal saja (60, 65, 70). Sementara kalau memakai profil tipis (50, 45, 35) nilai lebihnya juga ada, karena pengendalian dan stabilitas juga lebih baik, di samping tampilan Boil menjadi gagah.

Namun minusnya, bantingan keras dan steer rada liar dikendalikan. Di jalan bergelombang, penumpang dan pengemudi akan merasakan getaran yang kuat. Kalau mau, agar pelek tidak kena benturan, cari yang dindingnya menggelembung seperti ban donat.

Begitu pula saat membeli ban, jangan tergiur karena harga ban tersebut murah. Ada pula ban yang sudah lama disimpan hingga kadaluwarsa, padahal telapaknya masih utuh. Jika kelamaan disimpan, ban bisa jadi keras dan kering. Akibatnya mudah pecah.

Ini yang kerap menyebabkan ban Boil meledak sewaktu Boil berjalan atau kelebihan beban. Khusus untuk ban impor, mudah dilihat pada kode yang ada di dindingnya. Yakni, ada cap DOT (Department of Transportation), ukuran ban, nomor produksi, tipe, dan bahan ban.

DOT ini merupakan standar internasional, supaya konsumen mendapatkan jaminan. Misalnya, DOT 185. Dua angka di depan menunjukkan minggu dan satu angka di belakang menunjukkan tahun pembuatan. Jadi, ban tersebut dibuat di minggu ke 18 atau bulan Maret 1995.

Di sisi lain, untuk melihat keausan ban, mudah saja. Pada permukaan alur pembuangan air di ban terdapat tanda benjolan setinggi kurang lebih 1,2 mm. Namanya TWI (Thread Wear Indicator). Kalau permukaan ban sudah rata dengan indikator ini, maka ban harus diganti. Cara mengukur kedalaman kembang bisa menggunakan uang logam atau penggaris yang diselipkan di antara celah kembang atau alur.

Jangan lupa periksalah ukuran tekanan angin ban pada waktu ban dingin. Itu penting karena tekanan angin sangat vital dalam pengendalian dan berpengaruh terhadap umur ban. Jangan percaya untuk memberi rasa nyaman berkendara, dengan cara mengurangi tekanan angin. Kita tahu bahwa ban yang rada kempes memperpendek umur, karena lebih cepat mengalami kebotakan.

Kenapa ban cepat botak? Karena, bidang sentuh dengan permukaan jalan lebih lebar dan keausan menjadi tidak merata, khususnya pada bahu ban. Selain itu, lapisan bisa terpotong dari karetnya, dinding ban retak, dan penggunaan BBM jadi rada boros.

Begitu pula sebaliknya, kelebihan angin pun tidak bagus karena bannya menjadi keras. Bahkan kemampuan ban meredam guncangan menjadi berkurang pula. Dalam kondisi seperti itu, Boil cenderung selip ke samping. Bahkan ban bisa pecah bila mengalami benturan. Dampak lainnya ban bagian tengah akan cepat aus dari pada bahunya.

Mencari Bengkel Langganan yang Tepat

Jika ingin kendaraan pribadi Anda berumur panjang dan selalu dalam kondisi sempurna, tentu memerlukan perawatan rutin. Jika anda ingin memberikan service kendaraan, tak selamanya membawa mobil atau motor tersebut ke bengkel resmi dari pabrikan. Oleh karena itu, mencari bengkel mobil/motor yang memiliki teknisi berkualitas pun menjadi hal selanjutnya yang butuh perhatian tersendiri.

Apa sajakah yang patut diperhatikan?
1. Informasi dari teman dan kerabat tentang bengkel yang memberi layanan yang baik bisa dijadikan referensi. Yang pertama, tentu saja kesempurnaan pelayanan yang diberikan oleh setiap teknisi yang terdapat di bengkel tersebut. Semakin banyak orang yang merujuk bahwa pelayanan bengkel tersebut berkualitas, akan memberi keuntungan tersendiri.

2. Diperlukan kejujuran dari pihak bengkel sebagai pemberi jasa. Saat melakukan tune up, misalnya, tak jarang harus mengganti beberapa komponen yang tak lagi dalam kondisi prima. Akan lebih baik jika sebelum mengganti, teknisi yang menggarap kendaraan Anda memberi tahu terlebih dulu dan memperlihatkan komponen yang harus diganti itu. Dengan demikian, Anda pun bisa lebih yakin dan tidak dibohongi.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda menunggu selama perbaikan mobil. Tak ada salahnya pula menanyakan berbagai informasi pada sang teknisi untuk mengetahui kondisi mesin secara lebih menyeluruh.

3. Suku cadang asli. Pastikan bahwa suku cadang yang diganti oleh pihak bengkel adalah asli. Hal tersebut penting untuk memaksimalkan performa mesin kendaraan Anda. Lebih baik membayar sedikit lebih mahal dengan kualitas yang terjamin, dibandingkan murah tetapi akan lebih sering terjadi perbaikan.

4. Harga menjadi faktor lain yang patut dipertimbangkan. Mencoba beberapa bengkel yang telah direkomendasikan oleh teman bisa dijadikan langkah awal untuk mencari tempat yang cocok dengan biaya perawatan yang sesuai dengan bujet Anda. Dari sini Anda juga bisa mengetahui teknisi mana yang memiliki keterampilan baik. Pasalnya, setiap teknisi umumnya memiliki keahlian tersendiri.

Untuk mengetahui hal tersebut, cobalah menggunakan jasa dari satu orang teknisi saja dalam beberapa waktu. Jika setelan mesinnya tidak pas, Anda bisa mengganti dengan yang lain. Namun jika yang terjadi sebaliknya, akan lebih baik jika Anda tetap setia dengan si teknisi tersebut.

Tips Sewa Mobil

Tips-tips memilih jasa persewaan mobil:

1. Pilihlah perusahaan sewa mobil yang memberikan berbagai kemudahan, baik itu mendapat informasi tentang jenis mobil yang disewa, kondisi dan persyaratannya. Sekarang banyak perusahaan jasa sewa mobil telah membuat situs website, sehingga kita bisa dengan mudah mendapatkan informasi secara detail. Pelajari dengan seksama dan pilihlah yang bisa dipercaya.

2. Cara pemesanan mobil yang simple/mudah, dan mendapatkan konfirmasi pemesanan secara cepat.

3. Cek apakah perusahaan sewa mobil tersebut memberikan jasa antar jemput mobil ke tempat Anda menginap secara gratis.

4. Apakah harga sewa mobil yang ditawarkan kompetitif dan pastikan tidak ada hidden cost.

5. Sistem sewa yang ditawarkan apakah sudah memberikan benefit tambahan sesuai dengan kebutuhan Anda.

6. Pastikan jenis mobil yang Anda sewa siap diantar sesuai permintaan Anda tepat waktu.

7. Periksa kondisi fisik mobil secara seksama sewaktu serah terima oleh petugas jasa penyewaan mobil. Jika kondisi fisik terasa tidak aman dan nyaman, minta segera diganti dengan yang lain.

8. Baca dengan teliti surat sewa menyewa. Jika ada kondisi yang terasa memberatkan minta informasi secara detail sampai Anda paham betul.

9. Minta nomor telpon yang bisa Anda hubungi bila terjadi masalah / keadaan darurat.

10. Sebelum Anda mengemudikan sendiri, cek kondisi BBM mobil, kondisi angin pada ban termasuk ban cadangan. Jika BBM hampir habis, tanyakan kepada petugas sewa mobil tempat SPBU yang terdekat.

Memilih Kendaraan Saat Liburan

Untuk jalan – jalan menjangkau daerah – daerah tujuan liburan, Anda memerlukan kendaraan yang nyaman. Anda bisa memilih kendaraan untuk liburan seperti : sepeda motor, taxi meter, sewa mobil tanpa sopir, sewa mobil dengan supir, bus atau minibus untuk mereka yang berlibur bersama group atau rombongan.

Bagi Anda yang mengutamakan kenyamanan dan keselamatan selama liburan, Anda bisa menggunakan jasa sewa mobildengan supir, agar Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan arah serta Anda pun merasa aman dan nyaman saat berlibur.

Berbagai pelayanan penggunaan kendaraan dengan supir, misalnya kapasitas mobil yang disesuaikan dengan jumlah yang akan ikut liburan, atau wisatawan yang datang dengan grup atau rombongan yang memerlukan mobil. Anda juga bisa berkonsultasi dengan perusahaan penyewaan atau supir. Anda bisa memanfaatkan layanan sewa sesuai dengan budget anda, tetapi hal terpenting adalah pelayanan.

Kiat Menyewa Mobil

Perjalanan luar kota yang cukup jauh, kita malas untuk menggunakan kendaraan sendiri. Menyewa mobil dapat menjadi alternatif pemecahannya. Jika Anda berencana untuk mencoba alternatif jasa penyewaan mobil, berikut tips untuk membantu Anda:

Sebelum menyewa mobil
Berapa lama Anda akan menggunakan jasa penyewaan ini? Itu merupakan pertanyaan pertama yang harus dipastikan ketika Anda akan menyewa mobil. Jika Anda hanya akan mengunakan jasa ini kurang dari seminggu, akan lebih baik Anda menggunakan jasa perusahaan penyewaan mobil yang besar. Untuk penyewaan lebih dari satu minggu, Anda akan mendapatkan harga yang lebih baik jika harus menggunakan penyewaan lokal, terutama pada para pedagang mobil. Namun Anda perlu waspada pada perusahaan penyewaan lokal jika Anda akan banyak bepergian, karena jika terjadi kerusakan atau kecelakaan, biasanya mereka kurang dalam dukungan servis, tidak seperti perusahaan penyewaan besar.

Sumber Internet
Selalu bandingkan harga, bahkan lihatlah harga-harga di internet. Kadang perusahaan-perusahaan besar hanya memberikan diskon harga penyewaan yang hanya dicantumkan di internet, ambil keuntungan dari situ. Periksa pula pusat penyewaan mobil, begitu pula situs-situs penyewaan mobil individual. Jika Anda memsan secara online, baca dengan hati-hati segala aturan yang berlaku. Jika Anda memesan melalui telepon, pastikan untuk menanyakan kepada agen tersebut tentang aturan-aturan yang berlaku. Sebaiknya Anda telah melakukan seleksi dari beberapa perusahaan penyewaan sebelum akhirnya Anda memutuskan untuk melakukan pemesanan mobil.

Ketika akan menyewa
Untuk perusahaan penyewaan yang besar, jangan lupa tanyakan tentang diskon yang mungkin ada di pamflet bulanan mereka atau kerjasama yang mereka jalin dengan program kartu kredit yang mungkin Anda miliki. Kadang tawaran-tawaran itu sangat bagus. Atau Anda bekerja pada perusahaan yang kerap menyewa mobil, biasanya mereka punya harga negosiasi, jangan lupa untuk memeriksa.

Pastikan Anda memahami kondisi pemesanan Anda. Apakah ada penalti yang harus dibayar jika tidak jadi, berapa lama mobil akan tetap bisa digunakan seandainya Anda terjebak dalam kemacetan ketika mengambilnya, apakah ada biaya tambahan untuk sopir dan apakah nama mereka harus dicantumkan dalam kontrak, apakah ada batasan umur bagi pengendara? Pertanyaan-pertanyaan itu penting untuk diajukan sebagai jaminan. Kalau perlu tanyakan juga tentang aturan-aturan untuk perjalanan antar kota. Untuk perlindungan Anda jika terjadi kecelakaan, pastikan alamat cabang perusahaan penyewaan tersebut di kota-kota yang akan Anda kunjungi. Untuk penyewaan sekali jalan, tanyakan tentang biaya drop off. Kadang ini bisa melebihi harga biasanya.

Harga dasar
Harga yang Anda lihat pada iklan sewa mobil kadang akan dikenai pajak negara atau daerah, biaya sewa tambahan di lapangan udara, biaya tambahan untuk supir, asuransi, tagihan bahan bakar atau biaya drop off yang pada akhirnya menyebabkan Anda harus membayar dua kali lipat dari yang Anda bayangkan.

Seperti perusahaan penerbangan, perusahaan penyewaan mobil yang besar juga mengadopsi "manajemen lapangan". Artinya komputer mereka akan dengan segera menyesuaikan harga sesuai harga berdasarkan perubahan pada jumlah kendaraan yang tersedia. Ini juga berarti harga yang Anda lihat hanya berlaku untuk waktu itu saja. Kecuali jika Anda melakukan pemesanan pada saat itu juga, harga mungkin tidak akan berubah.

Saat pengambilan mobil
Untuk perjalanan pertama dari airport menuju hotel tempat Anda menginap lebih baik gunakan transportasi umum. Ini akan menghemat penyewaan mobil selama sehari. Lebih baik Anda mengambil mobil sewaan Anda langsung di tempat penyewaannya. walaupun Anda melakukan perjalanan pada hari yang sama dengan waktu kedatangan Anda, paling tidak Anda tidak akan terkena biaya tambahan di airport.

Waspada pada pembayaran bahan bakar di muka. Selalu penuhi tangki bensin mobil sebelum Anda mengembalikan kendaraan karena peusahaan penyewaan mobil akan mengenakan biaya yang cukup tinggi hanya untuk beberapa liter bensin saja.

Sebelum meninggalkan tempat penyewaan, perhatikan dengan seksama kerusakan mobil yang Anda sewa. Pastikan lampu kendaraan dan lampu sen mobil bekerja dengan baik. cek juga alat pengukur jaraknya. Laporkan kerusakan-kerusakan yang Anda temukan secara personal kepada perusahaan penyewaan sebelum Anda meninggalkan tempat tersebut.

Saat pengembalian
Waspadalah ketika Anda mengembalikan mobil lebih cepat dari perkiraan yang telah Anda sepakati. Harga sewa bisa jadi lebih mahal, karena perhitungannya bisa berubah. Pastikan juga Anda ada saat pegawai mobil memeriksa badan mobil sewaan tersebut dan tercapai persetujuan antara Anda dengan petugas tersebut. Perhatikan kesepakatan yang Anda buat dengan penyewaan tempat tersebut sehingga Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan lain.

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action