Jumat, 20 Juni 2008

9 Cara Untuk Irit Ketika Melakukan Perjalanan Wisata

Perjalanan wisata bisa mengurangi atau menghilangkan tingkat stres anda selama bekerja. Anda bisa melakukan perjalanan ke berbagai kawasan wisata, tergantung apakah Anda menginginkan wisata budaya, wisata kuliner, dan sebagainya. Hal penting yang harus diingat adalah berusaha menghemat biaya perjalanan. Berikut 9 cara dengan bobot yang sama agar kita dapat mengendalikan dan mengontrol pengeluaran yang tidak berguna ketika sedang melakukan perjalanan wisata.

  1. Buatlah Batas Limit pengeluaran untuk setiap perjalanan. Gunakan nilai yang bulat dan masuk akal dan jangan lupa untuk gunakan bukti tagihan anda untuk men-track biaya yang sudah dikeluarkan agar tidak kebobolan.
  2. Jika anda menggunakan jasa biro perjalanan, ambilah paket tour yang paling “combo”. Biasanya jika tour & travel menyediakan paket “combo”, discount rate nya lumayan besar. Hal ini lebih menghemat pengeluaran dibandingkan anda membuat dan menjalankan rencana wisata sendiri.
  3. Jika anda melakukan perjalanan wisata secara estafet maka anda harus merencanakan kapan dan dimana anda beristirahat. Luangkan waktu anda untuk mencari informasi mengenai lodging yang murah dan memberikan discount.
  4. Jika anda melakukan perjalanan wisata menggunakan mobil, yakinkan kondisi kendaraan anda dalam keadaan sehat dan normal. Untuk mencegah kerusakan atau ngadat di tengah perjalanan wisata. Anda bisa membawa peta wisata agar perjalanan anda semakin mudah.
  5. Usahakan tidak membeli makanan ringan diperjalanan (gas station atau rest area) agar menghemat pengeluaran. Biasanya harga-harga makanan ringan dikedua tempat tersebut cukup mahal. Kalau mau bawalah makanan ringan dari awal, hal itu jauh lebih murah.
  6. Jika anda diharuskan bermalam ketika melakukan perjalanan wisata atau mau tidak mau harus makan (siang atau malam) maka untuk penghematan carilah tempat makan dengan harga yang sudah standard (fast food).
  7. Berfoto-foto lah sebanyak-banyaknya dalam perjalanan wisata anda, karena itu jauh lebih hemat dari pada membeli banyak souvenir. Foto wisata lebih efektif dan efisien dalam merekam best moment perjalanan wisata anda dibandingkan souvenir. Carilah kawasan objek wisata yang menarik sehingga anda akan memiliki moment tersendiri.
  8. Jagalah kesehatan di dalam melakukan perjalanan wisata. Ketika dalam perjalanan. Minumlah air putih secukupnya agar terhindar dari dehidrasi dan perhatikan pola makan anda. Sebaikanya membawa vitamin untuk kesegaran tubuh jika memang diperlukan.
  9. 9. Berhati-hatilah anda terhadap para pencuri dan pencopet. Jagalah barang-barang bawaan anda. Usahakan penyimpanannya masih dalam area pengawasan anda. Lebih baik membawa dan gunakan kartu kredit ketimbang membawa uang tunai yang banyak.

Oh iya.. selama melakukan perjalanan wisata, cobalah lakukan kontak dengan tetangga rumah untuk meminta bantuan agar mengecek keamanan kondisi rumah anda…

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action